OVERVIEW 

Perkembangan di sektor kesehatan Indonesia memperlihatkan beberapa perubahan mendasar yaitu upaya menuju cakupan kesehatan semesta dan mulai terasanya tantangan untuk menangani penyakit tidak menular. Di banyak Negara maju, upaya untuk menangani penyakit tidak menular dan mencapai cakupan kesehatan semesta dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan pihak swasta, karena ada beberapa keterbatasan untuk dapat mencapai tujuan-tujuan kesehatan apabila hanya mengandalkan pihak pemerintah.

Penyedia layanan kesehatan swasta biasanya memainkan peran besar di negara-negara berkembang. Sebaliknya daripada mengabaikan mereka, bekerjasama dengan penyedia layanan swasta merupakan pilihan kebijakan yang lebih baik. Kerjasama dengan pihak swasta dapat menjadi strategi yang efektif untuk mengejar beberapa ketertinggalan dalam mencapai tujuan sektor kesehatan. Begitu pula di Indonesia, kita perlu bekerja sama dengan swasta untuk memperluas akses, cakupan, dan kualitas klinis dalam rangka meningkatkan hasil kesehatan. Kebijakan tersebut, apabila didukung oleh sumber daya keuangan, dapat memberikan perlindungan finansial yang sangat dibutuhkan terhadap risiko biaya kesehatan  yang tinggi.

Hal ini menggarisbawahi urgensi pembuatan kebijakan yang lebih efektif bagi penyedia layanan kesehatan swasta. Memang, kita harus mencari cara untuk bekerja sama dengan pihak swasta sebagai sarana integral bagi pencapaian tujuan sektor kesehatan. Namun seringkali kita gagal membuat kebijakan yang efektif untuk melibatkan pihak swasta, atau gagal menarik minta pihak swasta untuk bekerja sama karena kita kurang memahami mereka.

Kelompok masyarakat praktisi ini dibuat untuk menjadi forum komunikasi dari para penyedia layanan swasta, pemerintah (Dinas Kesehatan, Kementrian Kesehatan), mau pun akademisi dan pihak-pihak lain yang tertarik pada isu keterlibatan swasta dalam sector kesehatan. Titik berat dalam kelompok masyarakat praktisi ini adalah untuk mencari cara terbaik bagi kedua belah pihak (pihak pemerintah mau pun swasta) untuk membangun komunikasi dan membangun kerjasama yang lebih baik untuk mencapai tujuan sektor kesehatan. 

Tujuan:

  1. Menjadi forum komunikasi, diskusi dan interaksi antara pihak pemerintah dan pihak swasta untuk membahas potensi kerjasama antara kedua belah pihak
  2. Menjadi sumber referensi mengenai konsep-konsep keterlibatan pihak swasta dalam pembangunan sektor kesehatan khususnya terkait tujuan-tujuan sektor kesehatan dalam hal:
    1. Peningkatan kualitas layanan
    2. Peningkatan kesetaraan (equity), misalnya dalam hal akses kesehatan
    3. Perlindungan finansial terhadap biaya katastropik kesehatan (mencapai cakupan kesehatan semesta)
    4. Peningkatan status kesehatan masyarakat